Terjebak Kenyamanan

 Bacaan: Filipi 2:1-11
Yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,– Filipi 2:6

Saat baru menjadi misionaris di sebuah desa di Kenya, Herbert Jackson mendapat sebuah mobil tua. Hari pertama memakai mobil itu, ia bingung cara menjalankannya. Setelah merenung sejenak, ia menemukan ide. Pergi ke sekolah dekat rumahnya, Jackson minta izin mengajak beberapa murid untuk mendorong mobilnya. Setelah mobil itu bisa berjalan, ia biasa memarkir mobilnya di tempat tinggi atau membiarkan mesin tetap hidup. Dua tahun ia memakai mobil itu. Tapi karena gangguan kesehatan, keluarga Jackson terpaksa kembali ke Amerika. Seorang misionaris pengganti pun tiba di kota itu. Saat menyerahkan mobil, Jackson dengan bangga menjelaskan temuannya tentang cara menghidupkan mesin. Meski Jackson belum selesai bicara, misionaris muda itu langsung membuka kap mobil dan mencermati mesin. Dia lalu berpaling pada Jackson. “Dr. Jackson, ini cuma kabelnya yang lepas,” katanya sambil menyambung kabel. Lalu, dia masuk ke mobil, memutar kontak dan brrmm! Keluarga Jackson terkejut karena ternyata mesin mobil bisa dihidupkan dengan cara normal.

Sesuatu yang tidak normal, lama-lama dianggap normal karena kita terbiasa dengannya. Kita jadi enggan mengusut penyebab ketidaknormalan itu karena kita sudah nyaman dengannya. Hal itu juga bisa menyangkut kebiasaan kita. Renungkan, dalam sehari berapa jam yang kita gunakan untuk menonton televisi? Berapa waktu produktif yang kita habiskan dalam satu hari untuk berjalan-jalan tanpa tujuan, bersantai ria, berbicara di telepon untuk hal tak penting? Tanpa sadar kita menganggap semua itu hal biasa, sehingga kita tidak ingin beranjak dari kebiasaan tersebut. Padahal, tindakan itu cepat lambat akan menjadikan kita pribadi yang malas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s