MENDENGAR, Komunikasi yang efektif

Oleh : Nina AS Yoseph

Sepenggal slogan sebuah asuransi mengiklankan produknya : “Always listening, always understanding”. Maksudnya jelas bahwa dengan mendengarkan maka kita akan mengerti. Didorong oleh kemajuan teknologi yang sangat pesat, banyak orang ingin mendapatkan segala sesuatu secara instan. Iklan ini bisa dijadikan gambaran sekaligus dorongan bagi kita untuk menjadi pendengar yang setia dan berempati bagi orang lain ketika orang tersebut membutuhkan telinga yang lebar untuk mendengar keluh kesahnya.

Saya boleh bangga dengan sosok Ibu saya. Ia seorang yang luarbiasa dibalik kelemahannya sebagai manusia, ia banyak menyimpan kekuatan yang sangat mengagumkan bagi anak-anaknya. Ia mudah berempati terhadap orang lain. Tak heran ia menjadi tempat curahan hati. Ia bukan seorang yang pandai secara intelektual. Ia juga tidak berkedudukan tinggi atau terpandang. Ia juga tidak kaya secara finansial. Namun ia memiliki telinga yang lebar untuk mendengar.

Dalam kehidupan kita sehari-hari, adakalanya kita juga menjadi tempat bagi orang lain untuk curhat. Namun bukan tidak mungkin, jika sesungguhnya kita tidak menjadi pendengar yang setia sehingga dapat berempati. Alhasil orang yang ingin berbagi merasa jengkel. Bukan tidak mungkin hal ini menimbulkan kesalahpahaman dalam berkomunikasi. Entah itu dengan suami, istri, anak, orangtua, sahabat, dan sebagainya.

Berbicara adalah bentuk komunikasi aktif yang paling banyak diminati orang. Tak heran jika sekarang ini banyak sekali orang ingin menjadi pembicara sukses. Namun mendengar dengan baik adalah kunci ilmu komunikasi yang paling spektakuler di muka bumi ini. Belakangan orang makin banyak membutuhkan pendengar yang baik.

“Semua orang hendaklah cepat untuk mendengar tapi lambat untuk berkata-kata dan juga lambat untuk marah”. (Yakobus 1 : 19) [NY]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s