Administrasi Persekutuan

Seiring berjalannya waktu dan melalui beberapa kali pergantian pengurus (di tingkat MJ maupun Komisi dan Kepanitiaan), pelayanan GKP Bogor menunjukkan adanya perkembangan. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya bidang-bidang pelayanan yang dikembangkan di GKP Bogor.

Meski demikian, ruang untuk terjadinya peningkatan pelayanan senantiasa terbuka. Salah satunya adalah memperkuat sistem organisasi. Dengan begitu diharapkan pelayanan yang dibangun oleh seluruh komponen gereja mengarah pada satu titik yang sama sekaligus menghindarkan fragmentasi pelayanan gereja. “Perbedaan arah vektor menghasilkan selisih, yang sama artinya dengan mengabaikan sebagian energi potensial”, misalnya: pengulangan program, program yang tumpang tindih (overlap), atau program tidak sinambung, dan beberapa hal lain yang berdampak langsung terhadap alokasi waktu dan dana.

Salah satu ciri yang terlihat akibat sistem organisasi yang belum kuat adalah cukup besarnya konsentrasi tersita pada masalah-masalah elementer: konsentrasi ‘susu’ lebih besar daripada ‘makanan keras’ yang salah satunya diindikasikan oleh rendahnya angka kehairan jemaat dalam kegiatan-kegiatan pembinaan. Untuk itulah sistem yang dibangun harus mampu menyeimbangkan “panggilan” dan “keharusan” (konsekwensi kristiani). Artinya ada kondisi tertentu yang sengaja diciptakan dalam rangka pembinaan (conditioning). Ciri yang lain adalah adanya ketidakseimbangan antara “sasaran tembak” dengan “senapan”. Dalam beberapa hal bahkan seringkali menjurus kepada pemborosan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s